jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Di belahan dunia manakah matahari terbit

Misteri Alam Semesta Mengungkap Di Belahan Dunia Manakah Matahari Pertama Kali Menampakkan Sinar Terangnya

Ini adalah rotasi bumi mengelilingi matahari. Jadi menurut Anda di mana matahari terbit pertama kali di dunia? Di atas, matahari selalu terbit dari atas

Artinya, jika dilihat dari tubuhnya, sebenarnya tidak ada matahari terbit "pertama". Sebaliknya, hanya akan ada lebih banyak sinar matahari dan lebih banyak arah barat.

Namun untuk melacak waktu, manusia membuat sistem pengatur waktu yang disepakati secara global, termasuk zona waktu dan garis penanggalan internasional. Ini untuk menandai garis di Bumi, saat satu hari berakhir dan hari berikutnya dimulai.

"Jadi matahari terbit 'pertama' yang disepakati terjadi pada garis penanggalan internasional

Wilayah yang Merasakan Matahari Terbit Pertama Kali

Berdasarkan garis penanggalan internasional, pulau Milenium atau yang dikenal sebagai Pulau Caroline adalah tempat pertama di Bumi yang menyaksikan Matahari terbit. Wilayah ini adalah pulau yang tidak berpenghuni di paling timur Kiribati.

Kiribati merupakan negara republik di bagian tengah Samudra Pasifik. Merangkum dari Britannica, negara ini memiliki 33 pulau dan hanya sekitar 20 pulau yang berpenghuni.

Sebagian besar penduduknya tinggal di Pulau Gilbert, yang memiliki perekonomian berfokus pada bidang pertanian dan perikanan.

Adapun selain pulau Milenium, ada Young Island, yang juga pulau tak berpenghuni. Terkadang tempat ini akan melihat Matahari terbit pertama pada hari-hari dan minggu-minggu sekitar titik balik Matahari, termasuk 1 Januari.

Namun, Young Island hanya mendapatkan Matahari terbit pertama pada hari itu, sekitar 10% hingga 15% dari waktu, menurut US Naval Observatory. Di sisi lain, juga ada wilayah yang pada waktu tertentu bisa merasakan Matahari terbit pertama kali.

"Pulau Diomede Besar dimiliki oleh Rusia, sedangkan pulau Diomede kecil dimiliki oleh Amerika Serikat (AS). Dalam beberapa minggu dan bahkan bulan menjelang 21 Juni, pulau Rusia dapat melihat Matahari terbit pertama di dunia," ujar Hummels.