jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Berikut cara menggoreng ikan teri medan tanpa direbus agar tidak kering dan renyah lebih lama.

Ikan teri medan merupakan salah satu ikan asin yang banyak digemari masyarakat.

Banyak makanan lezat yang bisa dibuat dari ikan ini. Mulai dari membuat tumisan dan sambal hingga masakan sederhana dan tumisan. Meski hanya digoreng, rasanya yang lezat akan membuat ketagihan. Biasanya ikan teri goreng disantap bersama nasi. Ikan teri goreng memiliki tekstur yang halus dan rasa yang enak. Sayangnya, seperti yang Anda ketahui, menggoreng ikan teri di Medan itu mudah dan sulit. Jika Anda menggunakan metode yang salah, hasilnya bisa sangat buruk dan bahkan garam pun bisa menjadi sangat penting.

Untuk mengurangi rasa asin dan agar ikan teri tetap renyah, sejumlah orang biasanya akan melakukan beberapa cara khusus. Misalnya dengan mencuci ikan teri lalu merebusnya sebentar untuk mengurangi garam yang menempel.


Caranya cukup mudah. Pertama, taruh ikan teri medan dalam wadah lalu rendam dengan air hangat selama 15 menit. Cara ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa asinnya. Jangan lupa aduk-aduk sebentar, ya. Setelah 15 menit, buang airnya lalu cuci bersih ikan teri medan di air mengalir.


Kemudian tiriskan ikan teri medan pada nampan yang dilapisi tisu. Selanjutnya ketuk-ketuk permukaan atas teri dengan tisu. Cara ini agar menghasilkan ikan teri yang garing setelah digoreng. Jika sudah kering, Anda bisa langsung menggoreng ikan teri medan dalam minyak panas. Goreng sebentar saja, ya.


Jika buih-buihnya sudah mulai sedikit atau hilang, segera angkat agar tidak gosong. Agar minyaknya berkurang, tiriskan pada wadah yang telah dialasi tisu. Ikan teri medan pun siap dikonsumsi atau bisa disimpan dalam wadah tertutup.