jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

5 Dosa Ini Bisa Batalkan Pahala Puasa Ramadhan No 2 Sering Khilaf

Dosa Yang Dapat Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan Pentingnya Kesadaran dan Kewaspadaan Agar Tak Sering Khilaf, Terutama Pada Poin Kedua

Setiap umat muslim, diwajibkan untuk melaksanakan puasa penuh satu bulan ini karena hanya digelar selama satu tahun sekali.

Selama menjalankan puasa, seseorang diharuskan menahan diri dari makanan dan minuman. Selain itu, juga dilarang untuk berhubungan seksual dari terbit fajar hingga terbenam matahari. 

Ternyata ada beberapa dosa yang biasa kita lakukan dapat menghapus pahala puasa Ramadhan. Menurut Anas bin Malik, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, terdapat lima dosa yang beliau nyatakan dapat menghapus pahala puasa. 

Dosa apa saja itu? Dikutip dari VIVAcoid bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional, berikut adalah beberapa perbuatan yang dianggap dosa dan dapat membatalkan puasa.

1. Berbohong

Salah satu perilaku yang tidak disukai oleh Allah adalah berbohong. Meskipun tindakan ini tidak secara langsung membatalkan puasa, namun berbohong dapat mengurangi nilai ibadah seseorang. 

Terdapat berbagai jenis berbohong, mulai dari yang dilakukan untuk menghindari bahaya, menjaga kesopanan, hingga yang sengaja dilakukan untuk merugikan orang lain. Berbohong dengan tujuan terakhir tersebut menyebabkan dosa dan dapat menghilangkan pahala puasa.

2. Ghibah

Melakukan ghibah atau berbicara tentang keburukan orang lain juga dapat menghilangkan pahala puasa. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, ghibah dianggap sebagai perilaku yang tercela bahkan di luar bulan Ramadhan. 

Perumpamaan ghibah diibaratkan dengan memakan daging saudara sendiri yang telah mati, yang merupakan perbuatan yang sangat tercela.

3. Membuat Adu Domba Orang Lain

Kemungkinan ketiga yang dapat menghilangkan pahala puasa adalah jika seseorang membuat adu domba terhadap orang lain yang sebelumnya baik-baik saja. 

Tindakan ini seringkali muncul dalam bentuk gunjingan atau fitnah, yang melanggar prinsip-prinsip Islam atas alasan apa pun. Orang yang terlibat dalam adu domba akan mengalami kerugian moral dan materi.

4. Berjanji Palsu

Bersumpah palsu juga dapat menghilangkan pahala puasa. Ketika seseorang bersaksi dengan sengaja untuk menguntungkan satu pihak sambil merugikan pihak lain, itu dianggap sebagai perbuatan yang tidak benar dan dilaknat oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

5. Melihat dengan Syahwat

Melihat lawan jenis dengan nafsu atau syahwat juga dapat menghilangkan pahala puasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga pandangan dan menghindari melihat lawan jenis dengan nafsu yang berlebihan.