jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Belum Banyak yang Tahu Ini 2 Manfaat Ampas Kopi untuk Keperluan Rumah Tangga

Rahasia Rumah Tangga Terungkap Dua Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui dan Cara Menggunakannya untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Jangan buru-buru membuangnya. Sebab ampas kopi dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Saat menyeduh kopi sendiri di rumah, banyak komponen yang harus dipersiapkan, seperti alat, bahan, hingga ruang yang cukup untuk menyeduh kopi di rumah.Tugas beratnya adalah setelah menyeduh kopi, membersihkan semua peralatan setelah digunakan.Salah satu pekerjaan terberat yang harus diatasi adalah menangani ampas kopi terlebih saat menyeduh kopi bubuk.Intensitas minum kopi yang cukup tinggi di rumah tentu berkaitan dengan meningkatnya sampah ampas kopi yang terkumpul di rumah.Kini Kamu tak perlu khawatir lagi. Ternyata ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk kebersihan dapur seperti apa yang dikatakan ahli1. Pupuk alami Ampas kopi berfungsi sebagai pupuk alami untuk tanaman hias di teras atau halaman rumah.  Ampas kopi dari hasil seduhan bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman-tanaman di rumahCaranya mudah cukup pisahkan ampas kopi dari racikan kopi yang telah habis. Kemudian tuang secara merata ke atas tanah di dekat tanaman-tanaman yang ada di sekitar rumah.Selain tanaman yang di taman, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman yang ada dalam pot.  Ampas kopi bisa kembali dicairkan dengan air setelah itu, cairannya disemprotkan pada bagian batang hingga akar tanaman.

2. Mengolah komposSebagian dari rumah tangga kini telah menerapkan pengolahan komposnya sendiri. Mengolah kompos yang berasal dari sisa bahan makanan di dapur bisa mempermudah pengolahan sampah di rumahUntuk mempercepat proses kompos, ampas kopi bisa langsung ditambahkan ke dalam wadah yang telah disiapkan. Kopi secara alami memiliki kandungan nitrogen, kalsium, serta potasium yang dapat memicu proses kompos lebih cepat.Perbandingan hasil kompos yang menggunakan ampas kopi dengan formula vermiculture telah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2009 lalu. Cacing-cacing yang dibutuhkan dalam proses kompos lebih menyukai ampas kopi sebagai asupan makanan untuk mereka.