jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Tidak perlu direndam jamur goreng bisa disimpan lebih lama dan rasanya lebih enak

Rahasia Memasak Jamur Tanpa Perendaman, Jamur Goreng Lebih Tahan Lama dan Lebih Lezat Mengubah Cara Anda Menyimpan dan Menikmati Jamur

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah membuat makan jamur renyah menjadi membosankan. Pada umumnya jamur crispy dapat menggunakan bahan baku jamur tiram dan juga banyak dijual di restoran, cafe, toko jajanan dan pedagang kaki lima.

Namun rupanya tak sedikit orang masih gagal membuat jamur krispi yang renyah tahan lama seperti di pasaran. Setelah digoreng, jamur krispi justru lembek meski sudah dingin.

Buat mengantisipasi jamur krispi menjadi lembek, kebanyakan orang mencampurkan bahan baking soda ke dalam rendaman jamur. Sebelum digoreng, jamur tiram biasanya direndam ke air yang telah dicampurkan dengan baking soda dan garam beberapa saat. Baking soda dikenal bisa membuat adonan menjadi garing dan renyah.

Hasilnya, jamur krispi jadi renyah tahan lama, bahkan teksturnya seperti keripik.

Pertama, siapkan 300 gr jamur tiram yang ingin kamu goreng. Selanjutnya siapkan udara di wadah dan tambahkan garam. Untuk 300 gr jamur tiram, kamu bisa menggunakan 1000 ml air dan 2 sdt garam. Lalu, aduk-aduk agar garam bisa larut ke dalam air.

Selanjutnya rendam jamur tiram ke dalam air garam selama 5 menit. Kadar air pada jamur cukup tinggi, jika dicuci biasanya jamur tiram akan menjadi lembek. Namun jika tidak dicuci, jamur tiram yang akan dikonsumsi tentu kurang higienis.Nah, dengan merendam jamur ke dalam air garam, ada dua manfaat yang bisa diperoleh. Pertama jamur tiram bersih menjadi, kedua bisa menambah rasa gurih pada jamur yang akan kamu goreng. Setelah terendam selama 5 menit, sisihkan jamur tiram ke tempat lain.

Selanjutnya siapkan bahan tepung pelapis. Selain garam, tepung pelapis ini merupakan kunci agar jamur goreng menjadi renyah, gurih, dan tidak lembek. Bahan tepung yang dibutuhkan adalah 10 sdm tepung terigu, 1 1/2 sdt garam, 1 sdt kaldu jamur, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt bawang putih bubuk, 1/2 sdt ketumbar bubuk, 1/2 sdt paprika bubuk dan 1 sdt baking soda. Campurkan semua bahan tepung dan aduk hingga rata.

Kemudian, peras jamur tiram yang telah disisihkan dari rendaman air garam sampai kering. Lalu balurkan ke dalam bahan tepung hingga merata. Setelah itu, panaskan minyak di atas kompor dan goreng jamur tiram yang sudah dibaluri tepung.

Saat menggoreng jamur, kamu bisa menggunakan api kecil agar tidak cepat gosong. Jamur tiram yang gosong akan menimbulkan rasa pahit dan kurang nikmat. Setelah itu bolak-balik jamur tiram agar matang secara merata. Setelah kering dan kecokelatan, segera tiriskan jamur goreng.