jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Pelajari cara memberi makan kambing menggunakan sayuran sebagai pengganti rumput untuk menambah berat badan dengan cepat

Mengoptimalkan Diet Kambing dengan Sayuran Cara Cepat dan Sehat Meningkatkan Berat Badan Tanpa Mengandalkan Rumput

Namun bagi sebagian orang yang berkecimpung di bidang peternakan, beternak kambing bisa menjadi sumber penghasilan. Pemberian pakan yang baik, pakan yang tepat rupanya menjadi salah satu faktor yang menunjang cepatnya nutrisi dan kesehatan kambing sehingga mampu cepat berproduksi. Misalnya rumput cemal, rumput lantoro, rumput gajah, rumput calendula, daun pisang dll. Namun seringkali, jika mereka hanya makan rumput, berat badan kambing akan meningkat ke tingkat yang diinginkan dalam jangka panjang, sehingga peternak juga menyediakan makanan lain untuk diberikan kepada kambing secara sukarela.

Penasaran gimana cara bikin pakan kambing agar cepat gemuk?

Cara bikin pakan kambing agar cepat gemuk

Usut punya usut warganet tersebut bergerak di kambing breeding atau aktivitas pemeliharaan ternak dengan tujuan utama penyediaan anakan kambing sesuai standar. Pria tersebut pun menjelaskan cara membuat pakan kambing dengan bahan-bahan alami."Berhubung aku di breeding, akhirnya bahan-bahan yang sekiranya membahayakan nggak aku buat.

Nah, ternyata bahan alami yang dibuat sebagai campuran pakan kambing tersebutadalah kangkung kering yang berfungsi sebagai sumber serat. Kebutuhan pakan hijauan bagi kambing sangat diperlukan mengingat memang pada dasarnya hijauan merupakan pakan utama.

Namun nggak hanya kangkung kering, warganet tersebut rupanya mencampurnya dengan beberapa bahan lain. Tambahan serat lainnya yakni pongkol ketela kering dan kulit kopi.Sementara itu, ia juga menambahkan bahan karbohidrat dan protein agar mempercepat penggemukan kambing, yakni menggunakan jagung gelondong kering giling, pollard gandum cap angsa, konsentrat gemuk, Susu A, dan kopra.Diketahui dengan campuran bahan-bahan itu bisa mendapatkan kombinasi pakan yang tinggi protein dan juga serat.

Tips merawat kambing agar tetap sehat dan gemuk.

Merawat kambing agar tetap sehat dan gemuk membutuhkan perhatian khusus terhadap beberapa aspek, termasuk pakan, kebersihan, perawatan kesehatan, dan manajemen umum. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Pakan yang seimbang dan berkualitas.- Hijauan: berikan hijauan segar seperti rumput, daun kacang-kacangan, atau leguminosa lainnya. Pastikan hijauan tersebut tidak tercemar pestisida.- Konsentrat: tambahkan konsentrat dalam pakan harian, seperti dedak, jagung, atau bungkil kelapa. Konsentrat kaya akan protein dan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan.- Mineral dan vitamin: pastikan kambing mendapatkan suplemen mineral dan vitamin yang cukup. Blok mineral atau campuran mineral bisa ditambahkan dalam ransum pakan.- Air bersih: sediakan air bersih dan segar sepanjang hari.

2. Kebersihan kandang.- Kandang yang kering dan bersih: pastikan kandang selalu dalam kondisi kering dan bersih untuk menghindari infeksi dan penyakit. Bersihkan kotoran secara teratur.Ventilasi yang Baik: Pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara yang optimal.- Desinfeksi rutin: lakukan desinfeksi kandang secara rutin untuk membunuh kuman dan parasit.

3. Perawatan kesehatan.- Vaksinasi dan pemberian obat: berikan vaksinasi secara rutin sesuai dengan jadwal yang dianjurkan untuk mencegah penyakit seperti antraks, tetanus, dan penyakit mulut dan kuku.- Cek kesehatan rutin: lakukan pemeriksaan kesehatan rutin, termasuk pemeriksaan gigi, cacing, dan kondisi umum kambing.- Obat cacing: berikan obat cacing secara berkala untuk mencegah infestasi cacing yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi.