jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Cegah Wasir Ini 7 Manfaat Buah Kecapi bagi Kesehatan

Manfaat buah kecapi datang dari kandungan vitamin C hingga zat besi Berbagai kandungan vitamin dan mineral membuat buah ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengontrol berat badan

Buah kecapi menjadi salah satu jenis buah yang bisa kamu temukan di Indonesia. Namun, kini buah kecapi mulai sulit untuk ditemukan, sehingga membuat buah ini tidak terlalu populer daripada jenis buah lainnya. Meskipun begitu manfaat buah kecapi ini cukup banyak sehingga tidak boleh kamu abaikan. 

Salah satu manfaat daru buah ini yang cukup terkenal yaitu mampu mencegah wasir. Selain itu. ketahui berbagai manfaat lainnya dari buah kecapi bagi kesehatan berikut ini!

Manfaat Buah Kecapi

Kecapi atau santol bisa kamu temukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah kecapi memiliki bentuk bulat serupa dengan buah manggis. Kecapi memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu kecapi kuning dan kecapi merah.

Buah ini memiliki rasa manis dan asam dengan daging buah yang sangat lembut sehingga terkenal juga sebagai cotton fruit. Selain itu, kecapi juga memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Kandungan seratnya sangat baik untuk membantu kamu menjaga kesehatan pencernaan.

Bukan itu saja, buah ini juga mengandung fosfor, kalsium, dan vitamin C di dalamnya. Dengan beragam kandungan vitamin dan mineral, buah ini memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan.

Berikut manfaat buah kecapi untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah kecapi memiliki kandungan vitamin C dan zat besi di dalamnya. Vitamin dan mineral ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga kamu tidak mudah mengalami gangguan kesehatan.

Selain memenuhi kebutuhan vitamin C dan zat besi, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin E, asam folat, tembaga, seng, hingga probiotik agar imun tubuh terjaga dengan baik.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Buah ini memiliki kandungan yang serat dikenal sebagai pektin. Terpenuhinya jumlah pektin dalam tubuh mampu menurunkan jumlah kadar kolesterol jahat yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Seperti misalnya, hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Buah kecapi memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Jadi, kamu mengonsumsi buah ini sebagai camilan sehat setelah makan, kamu masih bisa mengontrol berat badan yang kamu miliki.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam buah kecapi membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih optimal. Jika kamu mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah kecapi secara rutin untuk mengatasi gangguan ini. Namun, hindari mengonsumsi buah kecapi terlalu banyak karena berisiko menyebabkan diare hingga mual.

5. Mencegah Diabetes

Buah kecapi memiliki kandungan serat dan indeks glikemik yang rendah. Dengan memenuhi kebutuhan serat, maka pencernaan makanan akan berjalan lebih lambat sehingga mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Efek ini mampu membantu kamu dalam mengontrol gula darah.

6. Mencegah Wasir

Vitamin C dalam buah kecapi membuat membantu meningkatkan kesehatan endotel pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan serat buah kecapi membuat feses menjadi lebih lunak sehingga kamu tidak perlu mengejan saat buang air besar untuk mencegah perburukan wasir.

7. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Buah kecapi juga baik untuk membantu kamu menjaga kesehatan otak karena memiliki kandungan antioksidan. Dengan begitu, kemampuan mengingat kamu akan meningkat dan semakin baik.

Itulah berbagai manfaat buah kecapi yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan. Selaijn dari buah kecapi, kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan konsumsi suplemen. 

Yuk segera cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan