jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

Daripada pakai alumunium foil berikut cara menyimpan daun seledri agar tahan hingga 9 hari dan hanya membutuhkan 1 dapur

Simpan Daun Seledri Lebih Lama Tanpa Aluminium Foil Cara Praktis Menyimpan Daun Seledri Hingga Hari Hanya dengan Menggunakan Satu Dapur

Daun seledri tidak hanya baik untuk sup seperti perut babi atau sup, tetapi juga baik untuk bahan tumisan dan tumisan. Selain mempercantik masakan, daun seledri juga menambah aroma dan rasa umami pada masakan serta bermanfaat bagi kesehatan. Menurut resep Kemenkes.go.id, seledri mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalsium, magnesium, kalium dan kolin. Ini juga mengandung β-karoten, lutein, zeaxanthin, flavonoid dan antioksidan lainnya. Karena kandungan nutrisinya, seledri membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, mengendalikan diabetes, dan mencegah kanker.

Dengan segala manfaat yang dimiliki, seledri cocok untuk dijadikan stok bahan makanan di rumah, nih. Apalagi bahan makanan ini juga mudah didapat dengan harga yang ekonomis.

Hanya saja, tantangan menyimpan seledri itu memakan waktu relatif singkat. Seledri mudah layu di suhu ruangan. Ya, pada suhu ruang, seledri biasanya akan menguning dalam waktu 1-2 hari saja. Dengan begitu, seledri bisa terbuang percuma jika tak segera diolah.Beruntung ada banyak metode untuk menyimpan seledri agar tetap segar dalam waktu lama. Banyak orang menggunakan aluminium foil untuk menyimpan seledri. Biasanya, caranya dengan membungkus erat seledri pakai aluminium foil. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam lemari es.

Namun ternyata, ada trik lain yang lebih efektif dan sederhana, lho. Bahkan, kamu tak perlu menyiapkan aluminium foil terlebih dahulu.

Cara ini cukup dengan memanfaatkan satu bahan dapur saja.

Trik ini bahkan efektif untuk menyimpan daun seledri selama 9 hari, lho.Cara simpan daun seledri biar awet segar.

Pertama, kamu perlu mencuci daun seledri dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin masih menempel. Pastikan untuk membersihkannya dengan baik, namun jangan terlalu keras menggosok agar daun tidak rusak. Kemudian kamu juga bisa memotong sedikit bagian pangkal batang seledri. Hal ini agar membantu batang menyerap air lebih baik.

Lalu, ambil toples atau wadah berbentuk persegi panjang. Pastikan juga, toples atau wadah tersebut memiliki tutup yang rapat. Kemudian, isi dengan air bersih hingga setengah penuh.

Setelah itu, kamu bisa memasukkan daun seledri yang sudah kamu cuci ke dalam toples tersebut. Jika airnya belum merendam seledri sepenuhnya, maka tambahkan lagi air ke dalam wadah. Air ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan mencegah seledri layu.

Nah, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan satu bahan dapur, yaitu bawang putih. Kupas satu buah bawang putih lantas masukkan ke dalam wadah. Bawang putih dipercaya bisa membantu seledri tetap segar dan tahan lama.

Setelah itu, tutup rapat bagian toples atau wadah tersebut. Kemudian, simpan wadah seledri tersebut di dalam lemari es. Pastikan tempat penyimpanan memiliki suhu yang stabil agar seledri tetap segar.

Cara ini bisa membuat seledri segar selama 9 hari, lho. Nah, itu dia trik untuk menyimpan daun seledri agar tetap segar. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir untuk stok daun seledri di rumah lagi, kan?