jogjacorner.com

komunitas jogja corner yogyakarta indonesia

10 Cara Hemat Baterai Hp iPhone Paling Ampuh 2023

Rahasia Terbongkar Inilah Strategi Ampuh Menghemat Baterai iPhone Anda di Tahun Solusi Praktis Untuk Meningkatkan Efisiensi Baterai dan Maksimalkan Penggunaan Smartphone Anda

Mengenali Sekilas HP iPhone

iPhone adalah salah satu gadget yang didesain dan dipasarkan oleh Apple Inc. iPhone menggunakan sistem operasi mobile iOS milik Apple atau lebih dikenal dengan iPhone OS hingga pertengahan tahun 2010 setelah peluncuran iPad. IPhone dirilis pertama kali pada 29 Juni 2007.iPhone terbaru, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, generasi ke-10 sepenuhnya dikembangkan pada layar multi-sentuh termasuk keyboard virtual.

iPhone sendiri memiliki konektivitas WiFi dan Seluler seperti Internet 2G, 3G dan 4G. selain itu iPhone sendiri juga dapat digunakan untuk merekam video, meskipun tidak digunakan sebagai fitur standar hingga mengirim dan menerima email, memainkan musik, game, navigasi GPS dan masih banyak lagi.

10 Cara Menghemat Baterai iPhone

Setiap pengguna iPhone tentunya dapat menikmati berbagai fitur canggih saat mengoperasikannya.Namun ada Salah satu hal yang membuat pengguna merasa kurang nyaman dengan iphonenya yaitu daya tahan baterainya yang terbilang cepat habis jika dibandingkan dengan Android.

Dengan Daya tahan baterai iPhone selalu dibandingkan dengan smartphone lainnya.Hal ini menyebabkan iPhone terus meningkatkan kapasitas dan performa baterainya melalui fitur-fitur yang disediakan. Berikut 10 cara menghemat baterai iPhone yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Gunakan Pengisi Daya Apple Asli

Cara menghemat baterai iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan pengisian daya atau charger daya Apple asli.Pasalnya, charger original memiliki output daya yang didesain sesuai dengan kemampuan baterai iPhone.

Sedangkan charger palsu bisa saja memiliki output daya yang sesuai dengan standar iPhone.Output daya yang tidak sesuai ini dapat merusak kesehatan baterai iPhone. Menurunnya kesehatan baterai iPhone bisa membuat durasi penggunaan perangkat menjadi lebih pendek.

Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak Secara Teratur

Update software atau versi sistem operasi biasanya akan menghadirkan fitur-fitur penting pada iPhone, termasuk fitur-fitur yang memungkinkan untuk membuat baterai iPhone menjadi lebih hemat. Seperti halnya pembaruan sistem operasi mulai dari versi iOS 13 ke atas, Apple telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan iPhone menghentikan pengisian baterai secara otomatis saat kondisi daya 80 persen, saat perangkat sedang digunakan secara intens.

Hindari Paparan Suhu Ekstrim

Cara menghemat baterai iPhone agar tidak boros selanjutnya adalah dengan menghindari dari paparan suhu ekstrim.iPhoneini memang dirancang dengan suhu yang baik dengan kisaran suhu 16 derajat hingga 22 derajat Celcius.

Namun, Jika iPhone terus menerus terpapar suhu yang sangat ekstrem, baik itu dari penggunaan internal perangkat atau lingkungan eksternal, maka kesehatan baterai akan cepat turun drastis. Namun Dengan memperbarui Perangkat Lunak Secara Teratur seperti yang disebutkan di atas, iPhone akan dapat berhenti mengisi daya di atas 80 persen ketika suhu perangkat naik melebihi batas.

Isi Daya 80 Persen Saat Iphone Digunakan Secara Intensif

Penghematan baterai iPhone bisa dilakukan dengan mengisi daya tidak melebihi dari 80.Untuk Penggunaan dalam bermain game atau merekam video dalam waktu lama hal ini bisa membuat suhu iPhone naik. Dengan begitu, melakukan aktivitas tersebut bersamaan dengan charging, akan membuat suhu iPhone meningkat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, paparan panas yang ekstrim pada iPhone bisa membuat kesehatan baterai iPhone turun drastis.Jadi, pastikan untuk tidak mengisi daya lebih dari 80 persen saat iPhone ingin digunakan secara intens. Pada iPhone yang sudah menggunakan sistem operasi dengan iOS 13 ke atas, terdapat fitur yang memungkinkan pengisian daya berhenti di 80 persen secara otomatis saat terdeteksi aktivitas yang menyebabkan peningkatan suhu iPhone.

Aktifkan Fitur Kecerahan Otomatis

Lalu, cara menghemat baterai iPhone yang kelima adalah dengan mengaktifkan fitur automatic brightness. Fitur Kecerahan Otomatisini dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar pengguna.Dengan penyesuaian tersebut, konsumsi baterai iPhone bisa lebih hemat.Cara mengaktifkan fitur kecerahannya anda hanya perlu mengeklik menu Aksesibilitas di pengaturan iPhone.Kemudian, pilih opsi “Layar & Ukuran Teks”.

Menggunakan Jaringan Wifi

Menggunakan jaringan WiFi untuk mengakses internet membutuhkan daya yang lebih kecil dibandingkan dengan jaringan seluler.Dengan demikian, anda bisa lebih hemat baterai iPhone anda jika menggunakan jaringan WiFi saat mengakses internet.Cara mengaktifkan jaringan WiFi ini anda hanya perlu mengetuk ikon sinyal WiFi di menu pengaturan iPhone.

Aktifkan Fitur low power mode

Seperti yang telah diketahui banyak orang, fitur low power mode ini bisa membuat durasi penggunaan baterai iPhone menjadi lebih lama atau hemat.Cara mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan dengan membuka menu “Battery” di pengaturan perangkat, lalu menggeser toggle “Low Power Mode” menjadi hijau.

Matikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone ini dapat dipantau di pengaturan melalui menu “Baterai”.Jika ternyata ada aplikasi yang memakan daya baterai berlebihan atau tidak wajar, Anda bisa mematikan refresh aplikasi tersebut di background.Untuk melakukan ini, pertama klik menu “Umum” di pengaturan perangkat, lalu gulir ke bawah dan pilih opsi “Penyegaran Aplikasi Latar Belakang”.

Selanjutnya, pilih aplikasi yang terindikasi mengonsumsi daya baterai berlebih. Dengan demikian, sistem operasi iPhone tidak akan secara otomatis menyegarkan atau memperbarui konten di latar belakang pada aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai.

Matikan Notifikasi Notifikasi Yang Kurang Penting

Peringatan notifikasi yang masuk dapat membuat iPhone menyala atau bangun saat berada di layar terkunci.iPhone yang sering hidup karena notifikasi yang masuk juga bisa menyebabkan baterai iPhone tersebut cepat habis.

Dengan demikian, Anda perlu mengatur peringatan notifikasi untuk menghemat baterai iPhone.Caranya, klik menu “Notifikasi” di pengaturan perangkat, lalu pilih aplikasi yang sering memberikan peringatan notifikasi kurang penting.Kemudian, geser sakelar “Izinkan Notifikasi” menjadi abu-abu.

Menyiapkan Layanan Lokasi Di Aplikasi

Cara terakhir untuk menghemat baterai iPhone adalah mengatur layanan lokasi di aplikasi.Layanan lokasi di aplikasi yang terus aktif bisa menyebabkan baterai iPhone lebih cepat habis.Anda dapat mengatur layanan lokasi di aplikasi dengan mengklik menu “Privasi” di pengaturan perangkat.

Kemudian, klik opsi “Layanan Lokasi”.Pilih aplikasi yang kurang penting dan atur layanan lokasinya dengan memilih opsi “Jangan Pernah”. Dengan pengaturan opsi tersebut, aplikasi tertentu yang kurang penting tidak akan bisa mengakses layanan lokasi, sehingga daya baterai tidak perlu terbuang percuma dan lebih hemat.